Pengertian Firewall,Karakteristik,Kelemahan,Keuntungan Pada Jaringan

Oktober 07, 2018
Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (GATEWAY) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.
Pengertian Firewall,Karakteristik,Kelemahan,Keuntungan Pada Jaringan | ortega project

 adalah perangkat keamanan bisa berupa program perangkat lunak atau alat jaringan (hardware) khusus. Tujuan utama dari firewall adalah untuk memisahkan daerah yang aman dari daerah yang kurang aman dan untuk mengontrol komunikasi antara keduanya. Firewall dapat melakukan berbagai fungsi lainnya, tetapi terutama bertanggung jawab untuk mengendalikan komunikasi inbound dan outbound dari satu komputer ke seluruh jaringan

Fungsi Firewall 

Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, Firewall harus dapat mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizin untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi firewall
Firewall harus dapat melakukan pemeriksaan terhadap paket data yang akan melawati jaringan privat
Melakukan autentifikasi terhadap akses
Firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data, kemampuan ini menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang spesifikasi
Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di firewall. Ini memungkinkan membantu sebagai pendeteksian dini akan kemungkinan penjebolan jaringan.

Cara Kerja Firewall

Firewall berada di antara kedua jaringan seperti internet dan komputer sehingga firewall berfungsi sebagai pelindung. Tujuan utama adanya firewall adalah untuk user yang tidak menginginkan lalu lintas jaringan yang berusaha masuk ke komputer, namun tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan firewall. Firewall juga dapat menganalisis jaringan yang mencoba masuk ke komputer anda, dan dapat melakukan apa yang harus dilakukan ketika jaringan tersebut masuk. Contohnya saja, firewall bisa diatur untuk memblokir beberapa jenis jaringan yang mencoba keluar atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan.
Firewall bisa memiliki berbagai aturan yang dapat anda tambahkan atau hapus untuk menolak jaringan tertentu. Contohnya saja, hanya dapat mengakses alamat IP tertentu atau mengumpulkan semua akses dari tempat lain untuk ke satu tempat yang aman terlebih dahulu.
Pengertian FIREWALL dan Cara Kerjanya - pengertian firewall , pengertian firewall menurut para ahli , pengertian firewall dan cara kerjanya , pengertian firewall mikrotik , pengertian firewall adalah , pengertian firewall pada jaringan , pengertian firewall dengan hardware khusus , pengertian firewall dalam jaringan , pengertian firewall software , pengertian firewall dan proxy , pengertian firewalls , pengertian firewall.

Karakteristik Firewall 

 karakteristik pada sebuah firewall adalah sebagai berikut :
Seluruh hubungan/kegiatan dari  dalam ke   luar   ,  harus  melewati   firewall.  Hal   ini  dapat  dilakukan dengan   cara  memblok/membatasi  baik   secara   fisik   semua   akses   terhadap   jaringan  Lokal,   kecuali melewati firewall. Banyak sekali bentuk jaringan yang memungkinkan agar konfigurasi ini terwujud.
 Hanya  Kegiatan   yang   terdaftar/dikenal   yang   dapat  melewati/melakukan   hubungan,   hal   ini   dapat dilakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal. Banyak sekali jenis firewall yang dapat dipilih sekaligus berbagai jenis policy yang ditawarkan.
Firewall   itu   sendiri   haruslah   kebal   atau   relatif   kuat   terhadap   serangan/kelemahan.   hal   ini   berarti penggunaan sistem yang dapat dipercaya dan dengan system yang relatif aman.

Kelemahan firewall

       Adapun kelemahan pada pirewall yaitu sebagai berikut : 
Firewall tidak dapat melindungi network dari serangan koneksi yang tidak melewatinya(terdapat pintu lain menuju network tersebut).
Firewall tidak dapat melindungi dari serangan dengan metoda baru yang belum dikenal oleh Firewall.
Firewall tidak dapat melindungi dari serangan virus.

Keuntungan Firewall 

 setelah kelemahan pada Firewall .. Firewall juga memounyai keuntungan nya tersendiri yaitu sebagai berikut :
Firewall  merupakan  fokus  dari segala  keputusan sekuritas.  Hal  ini  disebabkan  karena Firewall merupakan satu titik tempat keluar masuknya trafik internet pada suatu jaringan. 
Firewall dapat menerapkan suatu  kebijaksanaan sekuritas. Banyak sekali service‐service yang digunakan di Internet. Tidak semua service tersebut aman digunakan, oleh karenanya Firewall  dapat  berfungsi sebagai  penjaga  untuk  mengawasi service‐service  mana  yang dapat digunakan untuk menuju dan meninggalkan suatu network. 
Firewall dapat mencatat segala aktivitas yang berkaitan dengan alur data secara efisien. Semua  trafik  yang  melalui  Firewall  dapat  diamati  dan  dicatat  segala  aktivitas  yang berkenaan  dengan  alur  data tersebut.  Dengan  demikian  Network  Administrator  dapat segera  mengetahui  jika  terdapat  aktivitas‐aktivitas  yang  berusaha  untuk  menyerang internal network mereka. 

Firewall dapat digunakan untuk membatasi pengunaan sumberdaya informasi. Mesin yang menggunakan  Firewall merupakan mesin  yang terhubung pada beberapa network  yang berbeda, sehingga kita dapat membatasi network mana saja yang dapat mengakses suatu service yang terdapat pada network lainnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan